Rabu, 15 Oktober 2014

Pengertian Media Komunikasi

ilmu komunikasi
Sebelum membahas mengenai media komunikasi, hendaknya kita mengetahui apa pengertian media komunikasi. Dalam hal ini, media dapat diartikan sebagai alat yang menghubungkan sesuatu. Bagaimana dengan pengertian media komunikasi?
Manusia adalah makhluk sosial. Pengertian ini sudah kita dapatkan sejak kita sekolah. Manusia termasuk dalam makhluk sosial karena pada kenyataannya manusia selalu membutuhkan manusia yang lain untuk bisa hidup.
Manusia selalu berhubungan antar sesamanya. Hubungan itu biasa dinamakan dengan komunikasi. Dalam komukasi ada beberapa faktor pendukungnya. Faktor pendukung tersebut adalah komunikator, komunikan, informasi atau isi, dan media.
Ada yang menyebutkan hanya terdiri dari tiga saja, yakni komunikator, isi, dan komunikan saja.

Pengertian Media Komunikasi

Maka pengertian media komunikasi dapat didefinisikan sebagai alat yang digunakan untuk komunikasi. Pengertian media komunikasi ini juga dapat diartikan sebagai alat bantu untuk memindahkan pesan dari sumber kepada penerima. Pengertian media komunikasi ini menjadi alat bantu atau seperangkat sarana yang digunakan untuk kelancaran proses komunikasi.
Pengertian media komunikasi bisa bermacam-macam bentuknya tergantung dari bentuk komunikasi yang dilakukan. Ada beberapa bentuk komunikasi yang memerlukan media komunikasi, tapi ada juga yang memang tidak memerlukan media komunikasi seperti komunikasi yang bersifat langsung atau tatap muka. Sehingga ada sebagian orang yang menggolongkan panca indra juga merupakan media komunikasi.
Bentuk komunikasi yang memerlukan media adalah komunikasi yang tidak memungkinkan komunikan dan komunikator untuk dapat menjalankan proses komunikasinya tanpa alat. Biasanya tergantung dari jarak dan posisi antara komunikator dengan komunikan yang pada akhirnya akan menentukan komunikasi tersebut memerlukan media atau tidak.
Misalnya komunikan dan komunikatornya tidak bertatap muka langsung walaupun pada jarak yang dekat namun berbeda ruangan, dan lain sebagainya.

Media Komunikasi Massa

Dalam komunikasi massa sendiri, media komunikasi yang digunakan adalah media komunikasi massa. Pengertian media komunikasi massa ini adalah alat yang dapat menghubungkan antara sumber dengan penerima yang sifatnya terbuka. Di sini, setiap orang dapat melihat, membaca, atau mendengarnya.
Ada dua jenis media komunikasi massa:
1.    Media Cetak
Media yang mempergunakan unsur pencetakan untuk penyampaian pesannya. Sehingga pesan dapat dilihat atau dibaca oleh massa. Contohnya: surat kabar, buku, majalah, jurnal, leaflet, brosur, stiker, buletin, hand out, poster, spanduk, dan lain sebagainya.
Jenis media komunikasi ini pada awalnya sangat digemari oleh masyarakat karena termasuk jenis komunikasi yang tergolong murah sehingga dapat dijangkau oleh seluruh kalangan masyarakat.
Saat ini juga terdaat banyak kemudahan untuk memproduksinya, kemudahan yang dimaksud adalah dalam proses pencetakkannya. Siapa pun dapat menerbitkan sebuah buku asalkan ia mempunyai modal untuk membiayai ongkos produksi penerbitan bukunya. Atau jika ia ingin sebuah penerbit untuk menerbitkan bukunya maka ia harus taat dan mengikuti segala aturan dalam penerbitan buku yang dimiliki oleh penerbit tersebut.
Surat kabar juga menjadi salah satu jenis alat komunikasi yang dapat dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat. Harga surat kabar saat ini pun juga sangat murah dan telah banyak jenis dari surat kabar. Pembaca tinggal memilih jenis surat kabar yang cocok dengan kebutuhan dan keinginannya.
Untuk jenis alat komunikasi cetak ini hanya dapat dinikmati oleh kebanyakan orang yang menyukai kegiatan membaca. Karena memang alat komunikasi ini diperuntukkan untuk dibaca. Bagi sebagian orang yang tak gemar membaca maka akan sulit untuk menggunakan alat komunikasi ini atau justru memilih untuk menggunakan jenis alat komunikasi lainnya yaitu media elektronik.
2.    Media Elektronik
Media ini menggunakan perangkat elektronik untuk alat penyampaian pesan dari sumber kepada massa. Pesan dapat dilihat, didengar, atau dibaca oleh khalayak karena bentuknya lebih kompleks dari sekadar media cetak. Apalagi dengan kemajuan teknologi yang semakin hari semakin cepat. Contohnya televisi, radio, film, video recording, komputer, electronic board, audio casette, internet, dan sebagainya.
Pada jaman yang telah banyak berkembang ini, media elektroniklah yang paling banyak diikuti oleh masyarakat luas. Karena bentuknya yang mudah untuk diikuti dan saat ini pun untuk mendapatkannya juga tergolong mudah dan murah, tak butuh banyak biaya untuk menggunakan media elektronik ini.
Salah satu jenis media elektronik yang paling banyak digunakan dan paling disukai oleh banyak orang adalah televisi. Hampir semua rumah di masyarakat kita memiliki televisi. Sehingga televisi dapat menjadi media yang paling ampuh untuk mentransfer informasi ke masyarakat.
Dengan televisi, informasi dapat lebih cepat diterima oleh masyarakat luas. Karena masyarakat juga telah menggunakan media televisi sebagai sarana utama untuk mendapatkan informasi secara luas.
Selain televisi, jenis media elektronik yang saat ini banyak digunakan adalah media internet. Media ini memang baru beberapa tahun dimunculkan tapi karena kegunaannya yang begitu banyak maka internet juga telah berubah menjadi sebuah kebutuhan untuk memperlancar kegiatan komunikasi antar manusia.

Media Komunikasi Antar Pribadi

Dengan teknologi yang semakin canggih, maka menjadi semakin sulit membedakan antara media komunikasi massa dengan komunikasi antar pribadi. Sehingga semakin kabur untuk kita dalam memberikan definisi yang tepat.
Misalnya saja internet bisa digunakan sebagai media untuk komunikasi antar pribadi dengan adanya surat elektronik atau e-mail. Akan tetapi juga dapat digunakan sebagai media massa, dalam hal ini jika internet dipergunakan untuk website yang berisi informasi-informasi yang sifatnya untuk disampaikan pada khalayak ramai.
Sementara itu, di desa-desa yang belum terjangkau oleh teknologi atau yang masih tradisional, media komunikasi juga mencakup kegiatan dan tempat-tempat tertentu seperti rumah-rumah ibadah, balai desa, panggung kesenian, pesta rakyat, termasuk juga arisan-arisan dapat dikatakan sebagai media komunikasi.

Perkembangan Pengertian Media Komunikasi

Sejatinya pengertian media komunikasi adalah sebagai alat atau saran untuk menyampaikan atau mentransfer informasi dan pesan dari satu orang kepada orang yang lain. Media komunikasi digunakan untuk mempermudah penyampaian ini. Itulah yang menjadi awal tujuan dan tujuan utama dari adanya media komunikasi yang ada di dalam kehidupan kita.
Namun, saat ini pengertian media komunikasi ini telah banyak berkembang. Pengertian media komunikasi tidak hanya mencakup hal utama yang telah disebutkan tadi. Saat ini media komunikasi telah berubah menjadi ajang bisnis para pelakunya.
Lihat saja pada media komunikasi cetak. Saat ini telah divcetak berbagai jenis surat kabar, majalah, tabloid dan semacamnya. Ini juga dikarenakan kemudahan regulasi yang mengaturnya. Isi dari media komunikasi ini pun juga beragam.
Tak hanya media komunikasi cetak, media elektronik tak kalah dalam perkembangannya. Sebut saja sebagai contoh televisi. Jika dulu kita hanya mengenal beberapa stasiun televisi di layar kaca kita, saat ini berapa banyak stasiun televisi yang ada mulai dari televisi nasional sampai televisi lokal.
Program yang ditawarkan pun juga sangat beragam. Mulai dari berita, non berita sampai hiburan. Mulai dari yang mendidik sampai yang mengarah pada upaya untuk menghancurkan masa depan generasi bangsa kita.
Semua yang lakukan orang-orang yang berada di belakang semakin berkembangnya media komunikasi ini tidak lain adalah bermotif bisnis. Mereka ingin mengeruk keuntungan yang sebesar-besarnya.
Para pelaku bisnis ini sadar benar kebutuhan masyarakat akan informasi pada jaman yang banyak berkembang ini. Mereka melihat ini sebagai sebuah peluang bisnis yang tak boleh dibiarkan. Peluang ini benar-benar dimanfaatkan oleh pelaku bsinis ini yang kebanyakan dari mereka adalah para pengusaha.

Di dunia pertelevisian, mereka berlomba-lomba menciptakan tayangan-tayangan yang disesuaikan dengan minat penontonnya. Di dunia media cetak pun dipublikasikan berbagai jenis media cetak untuk memnuhi kebutuhan masyarakat kan informasi.
Selain dua media ini, media yang saat ini boleh dianggap memiliki peran yang sangat banyak dalam dunia informasi adalah media internet. Internet berkembang dengan sangat pesat karena kemudahan yang dimilikinya sehingga orang bisa mendapatkan informasi dengan cepat, mudah dan murah.
Namun dibalik manfaat yang dimiliki oleh internet, internet juga ibaratnya dua sisi mata uang yang mengandung sisi positif dan negatif. Dibalik kemudahannya dalam mengakses internet, penggunaan internet justru disalahgunakan.

Penyalahgunaan internet ini kebanyakan adalah masalah pornografi. Di dalam internet sangat mudah sekali mengakses situs-situs atau pun gambar-gambar yang berbau porno. Tentu ini sangatlah berdampak pada para penggunanya terutama generasi muda. Pikiran mereka akan terkotori akan hal ini dan hanya akan terisi dengan hal-hal yang berbau seks dimana mereka sebenarnya harus menggunakannya untuk hal-hal positif yang lainnya karena mereka adalah generasi penerus bangsa.
Demikianlah pengertian media komunikasi. Media komunikasi sebagai alat atau saran untuk memudahkan jalannya kegiatan komunikasi antara manusia yang satu dengan yang lainnya.